Monday 17 November 2014

Aplikasi Android SHAZAM

Apakah kalian tau apa itu shazam?
SHAZAM adalah program komputer untuk analisis statistika yang dikembangkan oleh Ken White pada tahun 1977. Perangkat lunak ini dirancang untuk keperluan bidang ekonometrika dalam pembuatan model statistik yang bisa dijalankan dan di-install pada komputer PC ataupun juga android. Nah sekarang kalian udah tau apa itu shazam. Jadi sekarang kalian dapat mendengarkan musik dimana saja lewat HP/Ipod/MP3 Player, itu sangat menakjubkan dimana kita sekarang tidak membutuhkan gadget seperti walkman ataupun discman yang notabene sangat "RIBET" untuk dibawa kemana-mana.

Yang lebih menakjubkan lagi adalah sekarang ada aplikasi untuk mengenali suatu lagu apakah itu dari judul maupun artisnya. Kita cukup mengcapture bait atau nada dari suatu lagu pada gadget yang terinstall aplikasi SHAZAM, dan kemudian aplikasi shazam ini akan mengidentifikasi apa judul lagu tersebut dan siapa artisnya. Hebat bukan ??

Jadi saat kita sedang dijalan dengerin radio trus denger lagu yang kita ga tau apa judulnya dan siapa artisnya, kita tinggal buka aplikasi ini dan capture lagu tersebut, keluar deh informasi dari lagu tersebut siapa artisnya apa judulnya.

Dibalik kehebatan aplikasi ini, ane berpikir gimana cara kerja aplikasi ini dapat bekerja dengan hanya mengcapture sebagian bait atau nada dari suatu lagu kemudian dia langsung mengenali apa judul lagu maupun siapa artisnya. Disini ane akan membagikan sedikit penjelasan yang ane dapet dari hasil googling dan browsing.

Bagaimana Cara Aplikasi Ini Bekerja?

Dalam aplikasi Shazam, metode rinci bagaimana shazam dapat mengidentifikasi suatu lagu itu adalah rahasia perusahaan. Tetapi salah satu karyawan Shazam telah mengungkapkan beberapa aspek dari sistem ini di atas kertas putih, dan beberapa metodenya menggunakan algoritma dasar.

Salah satu contoh gambar cara kerja pembacaan frekuensi, nada yang di analisa oleh aplikasi setelah suatu lagu dikirim ke server shazam

Untuk lebih jelasnya, Shazam mempunyai database lagu yang sangat besar. Lagu-lagu yang dikirim oleh pengguna shazam melalui aplikasi shazam, data lagunnya diambil terpisah dan dianalisis untuk sifat akustik mereka oleh server shazam - khususnya "frekuensi puncak" di berbagai titik dari suatu lagu. Ketika Anda mengcapture 10 detik audio dan mengirimkannya ke server Shazam, Anda juga telah mengirimkan frekuensi dari lagu tersebut: catatan dari instrumen, harmoni yang khas dari suatu lagu dan sejenisnya. Orang lain mungkin akan bilang, pemanas mobil Anda atau A / C dapat mengeluarkan suara saat anda mengcapture suatu lagu yang dapat mengganggu proses identifikasi lagu via shazam, tetapi jika catatan data dan nada suatu lagu masih dapat dikenali oleh shazam atau sound hound (dalam teorinya) masih cocok dengan kombinasi tertentu dari frekuensi suatu lagu yang ditemukan dalam database Shazam, maka lagu tersebut masih dapat teridentifikasi.

nah sekarang lebih jelas apa itu shazam jadi tunggu apalagi  download sekarang aplikasinya.
DOWNLOAD

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home